Sabtu, 17 Oktober 2009

Keberagaman itu adalah rahmah

Kutipan Ceramah Umum : Muffi Besar Suriah Syeikh Dr.Ahmad Badruddin Hassoun
Kamis. 15 Oktober 2009, Kantor Depag RI
Oleh Pdt.Statistik Siahaan,STh (HKBP Limo Ressort kebayoran Selatan)

Suatu hal yang luar biasa di alami oleh para agamanis di Indonesia dengan kehadiran syeikh dari Syria ini. Hal itu dinyatakan dan diapresiasikan oleh Menteri agama RI yang diwakilkan oleh Sekjen Depag RI. Pluralisme di dunia adalah suatu kekayaan. Namun ada banyak kerusuhan dan berbagai teror yang mengatasnamakan agama. Ini tantangan agama-agama di dunia khususnya di Indonesia. Kemajemukan adalah rahmah bagi kita semua. Semua agama jika kembali pada ajaran kitabnya tentu akan memancarkan cahaya dan dapat berperan menghadirkan ketentraman. Pandangan agama akan lebih inklusif terbuka,toleran, kasih sampai ke akar rumput. Kemudian Syeik Ahmad dalam paparannya menjelaskan bahwa manusia lebih dahulu dari agama. Kemudian agama hadir untuk menghadirkan ketentraman, jadi agama hadir untuk menghasilkan ketentraman atas perilaku kesalahan yang diperbuat manusia. Agama harus mensejahterakan manusia. Semua agama mengaku manusia berasal dari debu.Untuk itu mengapa terjadi perselisihan antar pemeluk agama yang beradal dari satu unsur yaitu tanah? Tujuan agama untuk mensejahterakan maka diutuslah para nabi seperti Musa,emua nabi menyatakan satu ajaran dalam 2 poros yaitu kesucian Tuhan dan kemuliaan manusia. Tuhan maha suci dan manusia mulia. Semua agama menyakini Tuhan itu pula pencipta manusia dan semua isinya, baik bagi Yahudi, kristen, Islam, hindu,budha,konfussu dll. Dan tidak ada yang mengklaim bahwa Tuhan itu milik satu agama saja. Namun mengapa situasi keharmonisan plural itu terganggu, hal ini disebabkan agama di politikkan. Tuhan sudah ciptakan semua manusia beraneka ragam maka itu kekayaan dan dihargai. Bagi agama apapun diajarkan mengasihi: Kristen menekankan Tuhan penuh dengan kecintaan, maka kejayaan Tuhan jika umatnya melakukan kedamaian untuk semua. Umat Muslim diajarkan Tidak diberikan pahala pada setiap orang diantara kaum tidak mencintai sesama manusia. Budha menekankan hidup manusia damai dan tentram.
Untuk itu mengapa kita saling membunuh dan menentang serta mengganggu orang lain menghadirkan kedamaian dan ketentraman bagi sesama manusia ?
Semua kekacauan itu disebabkan agama sudah di belokkan pada politik. Tidak ada demokrasi Islam atau Demokrasi Kristen. Demokrasi adalah sistem politik, jika ada yang menekankan agama itu adalah topeng saja. JIka seorang dipilih jadi pemimpin maka dia dalam menjalankan kepemimpinannya sesuai dengan undang-undang bukan dengan hukum agama. Untuk itu para pemimpin agama harus menghadirkan reformasi pada politik yang ada. Permasalahan politik terjadi bukan karena agama contoh masalah Irlandia dan Inggris yang terus berkecamuk. Sementara mereka beragama Kristen Katolik - Protestan. Hal yang terjadi di Palestina bukan masalah agama Islam dan Kristen. Tetapi adanya prilaku yang menindas akan hak hidup orang dengan mengatasnamakan ajaran agama. itu semua tidak boleh terjadi sebagai agamanis yang sesama ciptaan Tuhan dari debu. Untuk itu pelayanan umat harus ditekankan dalam memberi hidup manusia itu selayaknya. Pembangunan mesjid, gereja, kuil megah kami lakukan dan bantu di Syriah, tetapi jika masih ada orang miskin papah di sebelah gedung megah itu maka semua kebajikan itu tidak terhitung. Tetapi jika peduli pada manusia yang lemah itu maka akan lebih mulia. Untuk itu manusia itu adalah rumah Tuhan bukan gedung megah itu yang lebih berarti. Syihk sampaikan juga bahwa lebih ringan hukumannya jika merobohkan kabbah dan lebih berat hukumannya jika membunuh dan membuat serta membiarkan orang menderita - mengalami kematian. Untuk itu janganlah mau dipecah-pecah oleh kelompok orang yang mengejar kekuasaan dengan politik yang berwajah agama. Untuk itu satu inti ajaran kitab-kitab agama yaitu takutlah akan Tuhan jauhkan agama dari politik. Agama untuk membahagiakan saya tidak percaya ada satu agama yang memperbolehkan membunuh manusia. saya sangat mencintai agama yang mengarahkan kehidupan walaupun untuk satu orang manusia. Untuk itu pelihara keragaman itu, tidak ada yang berhasil jika hidup hanya satu blok. Seperti dunia ini di kuasai satu blok kekuasaan yaitu amerika, akhirnya banyak kekacauan disana-sini. Namun ada banyak blok/kelompok saling melengkapi dan menyempurnakan, seperti indonesia sudah sangat indah dengan pluralismenya ini suatu kekayaan. Untuk itu harus ada kedamaian dan menghidupkan manusia melalui pelayanannya dan tidak ada lagi pertikaian dan permasalahan bagi setiap kelompok melakukan ajaran dan ibadahnya untuk menghidupkan, memberi damai dan ketentraman manusia. (dikutip Pdt.Statistik Siahaan,STh, peserta dalam ceramah umum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar